JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Launching Kit Deteksi Trypanosoma dan Toxoplasma

Kerjasama antara BBLitvet dengan Balai Veteriner Banjarbaru menghasilkan invesi berupa Kit deteksi Trypanosoma, dan kerjasama dengan Balai Veteriner Lampung menghasilkan Kit deteksi Toxoplasma. Kedua Invensi tersebut diluncurkan pada Kamis, 1 September 2016 di Kantor Balitbangtan.

Acara launching dihadiri oleh Kepala BBLitvet, BBVet dan BVet, UPT Keswan dari berbagai daerah, Pusvetma, BBPMSOH, Balai Karantina Pertanian Soekarno Hatta serta Balai P2B2 Kemenkes. Kepala BBLitvet membuka acara dengan memberikan ucapan selamat kepada para inventor Kit deteksi Trypanosoma dan Toxoplasma yang telah bekerja keras dalam pembuatan invensi tersebut. Para peneliti terkait yaitu Drh. Didik Tulus Subekti (BBLitvet), M.Kes, Drh. Ichwan Yunianto (BVet Banjarbaru), dan Drh. Sulinawati (BVet Lampung) memberikan pemaparan invensi yang telah dihasilkan.

Produk Kit deteksi Trypanosoma ini diberi nama SURELISA Kit-Te dikembangkan untuk mendeteksi antibodi pada ternak yang terinfeksi Trypanosoma evansi dengan metode ELISA. SURELISA Kit-Te memiliki tiga varian, yaitu SURELISA Kit-Te (Equine), SURELISA Kit-Te (Bovine) dan SURELISA Kit-Te (Multispesies).

Kit deteksi penyakit Toxoplasma diberi nama To-MAT Kit merupakan uji serologis berbasis uji aglutinasi untuk mendeteksi antibodi terhadap Toxoplasma gondii. To-MAT memiliki dua varian yakni Red To-MAT untuk mendeteksi antibody pada kasus akut dan kronis. Kemudian, Blue To-MAT digunakan untuk mendeteksi kasus akut. Kedua varian To-MAT dapat digunakan untuk berbagai spesies hewan dan manusia (multi spesies).

Acara diakhiri dengan serah terima Kit Deteksi pada tiap perwakilan instansi. Sebelum diluncurkan, telah dilakukan harmonisasi untuk uji kedua Kit tersebut yang dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 29-31 Agustus 2016 di laboratorium parasitologi Balai Besar Penelitian Veteriner.

 

 

 

hacklink satış hacklink wso shell Google