JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

RENCANA AKSI PROGRAM SINERGITAS

  

Kementerian Pertanian yang diwakili oleh BB Litvet telah melaksanakan rencana aksi Program Sinergisitas dalam rangka meningkatkan upaya untuk mencegah dan mengurangi tindakan radikal terorisme sesuai dengan mandat Menko Polhukam. Aksi ini dilakukan selama tiga hari berturut-turut pada dua lokasi yang berbeda tanggal 16-18 Juli 2019. Sebelum BB Litvet melaksanakan aksi ini, Tim Sinergitas Kementerian/Lembaga telah meninjau terlebih dahulu wilayah sasaran yaitu di Kotamadya Palu dan Poso. Selasa 16 Juli 2019, BB Litvet Menyerahkan bantuan bibit buah naga sejumlah 7.000 bibit ke Dinas Pertanian Kotamadya Palu dan langsung diterima oleh Kepala Dinas Pertanian Kotamadya Palu. Pada kegiatan tersebut dihadiri juga oleh Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Sulawesi Tengah (Sulteng) (Perwakilan Kementan yang ada di Sulteng) dan perwakilan BNPT Provinsi Sulteng (Bapak Salman).

      

Rabu 17 Juli 2019, BB Litvet melakukan koordinasi dengan Dinas Pertanian Kabupaten Poso Pertanian dengan melibatkan para penyuluhnya. Pada hari terakhir, (Kamis, 18 Juli 2019) BB Litvet melakukan aksi ini di dua tempat yaitu di Ponpes Amanah Putra dan di Ponpes Walisongo. Di lokasi pertama, diadakan pertemuan yang dihadiri oleh Kadis Pertanian Kab. Poso, Kabid PSP, Kabid Perkebunan, dokter hewan Dinas, perwakilan BNPT Kab. Poso (Pak Gerits) dan diterima oleh beberapa ustadz dari Ponpes. Kadis menyampaikan “kalau ada ternak sapi 30 ekor dan bisa menjadi sumber penyediaan pupuk organik untuk mendukung program pengembangan tanaman hortikultura di Ponpes Amanah dan pendekatan budidayanya dilakukan secara terintegrasi antara tanaman dan ternak”. Dinas Pertanian akan mendampingi dalam pelaksanaan kegiatan dan Kadis menganjurkan agar dibentuk kelompok tani untuk memudahkan program-program Pemda masuk ke Pondok pesantren.

Siangnya dilanjutkan pertemuan di ponpes Walisongo dihadiri oleh Kadis Pertanian Kab. Poso, Kabid PSP dan Kepala Desa. Ponpes Walisongo akan dijadikan penangkar bibit oleh BPTP Sulteng, pada kesempatan tersebut diserahkan juga bantuan bibit hortikultura berupa bibit pepaya merah delima, bibit cabe, sayuran, dlll. Juga diserahkan buku panduan budidaya tanaman pepaya merah delima.