JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Pelatihan Internal Aplikasi Biosensor di Bidang Keamanan Pangan

 

Apa itu biosensor ?  Teknologi sensor yang merupakan salah satu teknologi industri 4.0 yang dapat diaplikasiikan di berbagai bidang, antara lain bidang kimia, pertanian, medis dan farmasi, lingkungan hidup, bahkan militer. Diantara teknologi sensor, biosensor paling banyak digunakan dan telah menjadi trend. Guna menginisiasi penerapan teknologi industri 4.0 baru-baru ini BB Litvet, telah menyelenggarakan pelatihan internal “Biosensor: Teori Singkat dan  Praktek” dengan narasumber Hasim Munawar, S.Si, M.Phil.

Pada pelatihan tersebut di paparkan teori singkat mengenai prinsip biosensor dan aplikasinya untuk mendeteksi kontaminan pada bahan pakan dan pangan, antara lain mikotoksin.  Dalam aplikasi biosensor perlu adanya komponen seperti target (analit), pengenal target, alat penghantar (transduser), pembaca, software dan laptop. Pada saat pelatihan juga dilakukan simulasi aplikasi biosensor untuk mendeteksi aflatoksin pada pakan dan produk ternak.

Aplikasi biosensor sangat mudah. Untuk mengetahui jenis dan jumlah analit di dalam sampel, ekstrak sampel cukup diteteskan pada permukaan elektroda yang telah diaktifasi dengan pengenal target, misalnya antibodi yang dapat mengenali target secara spesifik.  Elektroda dipasang pada kabel penghubung antara elektrode dengan alat pembaca.  Dengan menggunakan software, sinyal yang terbaca ditransformasi sehingga analit dapat terbaca secara kuantitatif. Biosensor dapat diaplikasikan  secara luas di berbagai bidang dengan hasil yang cepat, akurat , dan real time.  Melalui pelatihan singkat ini diharapkan para peneliti dapat mengembangkan teknologi biosensor, sehingga menjadi peluang bagi modernisasi di sektor pertanian, peternakan dan perkebunan untuk mengoptimalkan agroindustri yang efektif dan efisien.