JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Launching Inovasi Teknologi Kesehatan Unggas Veteriner

 

Badan Litbang Pertanian melalui Balai Besar Penelitian Veteriner (BBLitvet, Balitbang Kementan) sebagai institusi telah menghasilkan berbagai teknologi yang diharapkan mampu mendukung terwujudnya sasaran strategis pembangunan pertanian, termasuk di dalamnya mendukung kemajuan perunggasan Indonesia. Menurut Kepala Badan Litbang Pertanian, Dr. Ir. Fadjry Djufry, M.Si, permasalahan yang banyak dihadapi oleh industri perunggasan termasuk ayam kampung unggulan Balitbangtan adalah adanya infeksi penyakit Newcastle disease (ND) atau tetelo dan Avian influenza (AI) atau flu burung. ND memiliki tingkat morbiditas dan mortalitas yang tinggi, sedangkan AI bersifat zoonosis yang dapat membahayakan kesehatan manusia. Kedua penyakit ini menyebabkan kerugian ekonomi yang sangat tinggi. Pencegahan yang telah dilakukan adalah dengan menerapkan praktik biosekuriti yang ketat dan juga pemberian vaksin. Balitbangtan melalui BBLitvet, sesuai dengan tupoksi yang mendukung program kementan pada tanggal 05 Desember 2019 melaunching produk inovasi terkait dua penyakit tersebut, yaitu berupa Vaksin Bivalen AI H5N1, Vaksin Inaktif Kombinasi HPAI – LPAI, Vaksin ND GTT/11, dan Kit Test DIVA AI BB Litvet.

Menteri Pertanian Indonesia, Dr. Syahrul Yasin Limpo, S.H., M.H. memberikan arahan bahwa Indonesia memiliki potensi dan sumberdaya yang sangat berlimpah, sehingga Indonesia harus bisa menjadi sebuah negara yang besar dan maju. Cita-cita dapat terwujud jika masing-masing dari kita memiliki niat dan tujuan untuk melangkah bersama dan mengevaluasi diri di hari ini apa yang bisa kita berikan dan lakukan kepada negara. Yang kita berikan pada negara adalah wujud ibadah dan rasa cinta kita sebagai contoh Balitbangtan dan BBlitvet sesuai dengan tupoksi dan keilmuannya memiliki kewajiban secara moral dan tanggung jawab untuk memajukan perunggasan Indonesia. Jadikan Unggas kita sebagai produk eksport karena kita sudah mampu untuk melakukan itu. Dengan melangkah bersama kita dapat mengembangkan bibit unggulan sendiri, menjaga kesehatan unggas sehingga dihasilkan unggas kualitas unggul, dan juga gunakan jalan diplomasi serta perdagangan untuk memajukan perunggasan Indonesia.

Teknologi Inovasi Veteriner terkait Kesehatan Unggas Balitbangtan melalui BBLitvet diharapkan dapat memberikan dukungan untuk meningkatkan kesehatan unggas baik lokal ataupun ras, sehingga dapat meningkatkan populasi dan produksinya yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh stakeholders terkait.