JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Bimbingan Teknis "Biorisiko Terkait Agen Biologis dan Toksin"

Pin It
 
Balitbangtan, Balai Besar Penelitian Veteriner (BBLitvet) bekerjasama dengan Kesatuan Kimia Biologi Radioaktif (KBR) Pas Gegana, POLRI menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) "Biorisiko Terkait Agen Biologis dan Toksin kepada anggota KBR Pas Gegana pada hari Senin - Jumat, tanggal 1 - 5 Februari 2021. Bimtek ini merupakan bentuk kerjasama BBLitvet, Balitbangtan dan KBR Pas Gegana, POLRI yang sudah terjalin sejak lama dan sudah diselenggarakan setiap tahun dalam rangka peningkatan pemahaman kepada anggota KBR Pas Gegana terkait penanganan bioterorisme dan senjata biologi di Indonesia.
 
Acara Pembukaan Bimtek diawali sambutan oleh Kepala Balai Besar Penelitian Veteriner, Dr drh NLP Indi Dharmayanti, MSi tentang pentingnya pemahaman agen biologi patogen yg termasuk diantaranya bisa digunakan sebagai senjata biologi. KaBBLitvet juga dalam sambutannya menjelasakan fasilitas yg dimiliki oleh BBLitvet seperti BCC sebagai depository mikroorganisme patogen satu satunya di Indonesia serta fasilitas serta sumberdaya manusia yang mumpuni terkait penanganga agen biologi. Selanjutnya Sambutan dari Komandan Satuan KBR Pas Gegana yang diwakili oleh Wakil Komandan KBR Pas Gegana, AKBP Suhendro SIK, yang menyebutkan pentingnya kerjasama dan sinergi antar institusi dalam penanggulangan bioterorisme. 
 
Kepala Balitbangtan, Dr. Ir Fadjry Djufry MSi memberikan arahan terkait peran dan kiprah BBLitvet sebagai lembaga yang menangani agen biologi dan toksin yang berpotensi sebagai senjata biologi sejak lebih dari seratus tahun yg lalu serta BBLitvet telah melakukan kerjasama dengan lembaga bertaraf Internasional sekaligus membuka acara Bimtek.
 
Bimtek diikuti oleh sebanyak 15 peserta dari anggota KBR Pas Gegana. Peserta bimtek harus memenuhi persyaratan hasil rapid antigen negatif terhadap Covid 19. Bimtek dilaksanakan secara offline dan online.
 
Bimtek "Biorisiko Terkait Agen Biologis dan Toksin Tim Gegana menghadirkan beberapa Narasumber yang ahli di bidangnya. Dr. drh. NLP Indi Dharmayanti memberikan materi tentang Pengendalian dan pencegahan zoonosis dan penyakit Emerging (COVID 19); Dr Susan M Noor MVSc memberikan materi teori dan praktikum tentang (Biological weapons, dekontaminasi dan penanganan limbah bahan biologik berbahaya); drh Indrawati Sendow, MSc memberikan materi teori dan praktikum tentang (Laboratorium biosafety dan biosecurity), APD; Dr drh Rahmat Setya Adji, MSi memberikan materi teori tentang Pengenalan Bacillus Antracis.
 
Bimtek ini diharapkan dapat menjadi sarana terjalinnya kerjasama BBLitvet dan KBR Pas Gegana serta menjadi wahana diskusi interaktik antara peserta dan narasumber sehingga dapat meningkatkan wawasan dan pemahaman tentang bioterorisme dan sejata biologi kepada anggota KBR Pas Gegana.