JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Hilirisasi Inovasi Balitbangtan Mendukung Peningkatan Kesehatan Ternak di Kabupaten Magelang

Pin It
Balai Besar Penelitian Veteriner, Balitbangtan menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Padat Karya "Hilirisasi Inovasi Balitbangtan Mendukung Peningkatan Kesehatan Ternak di Kabupaten Magelang" di Aula Kantor Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magelang pada hari senin tanggal 12 April 2021.
 
Kepala Balai Besar Penelitian Veteriner , Dr drh NLP Indi Dharmayanti, MSi membuka acara dan memberikan pengarahan bahwa Balai Besar Penelitian Veteriner sebagai lembaga riset bidang veteriner yang berperan menghasilkan inovasi inovasi teknologi veteriner yang dapat digunakan untuk penanganan kesehatan hewan. Bimtek yg diselenggarakan ini diharapkan dapat meningkatkan wawasan peternak dan menjadi wahana berdiskusi tentang penanganan penyakit hewan di lapangan sehingga akan meningkatkan produktivitas ternaknya yg diharapkan nantinya akan meningkatkan pendapatan peternak dalam rangka membantu dan meringankan beban petani, peternak yang terdampak pandemi Covid 19. Kepala BBLitvet menghimbau agar dalam pelaksanaan bimtek padat karya ini tetap konsisten menerapkan protokol kesehatan untuk meminimalisir penyebaran Covid 19 di masa pandemi. Kepala BBLitvet juga menyampaikan rasa terima kasih kepada jajaran Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magelang yang telah mendukung dan berpartisipasi dalam penyelenggaraan bimtek padat karya di Kabupaten Magelang
 
Selanjutnya Sambutan dari Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magelang dalam hal ini diwakili oleh Sekdis, Ir Fachrul Auton mewakili menyampaikan sambutan Kadis bahwa Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magelang Menyambut baik kepada BBLitvet penyelenggaraan Bimtek di Kabupaten Magelang. Potensi peternakan di Kabupaten Magelang cukup besar karena memiliki populasi ternak yang besar, terdapat 3 pasar hewan besar , mempunyai pusat kesehatan hewan yang akan mendukung peternakan di Kabupaten Magelang. Dengan potensi tersebut dapat menjadi pertimbangan BBLitvet untuk bisa bekerja sama terkait inovasi yang telah dihasilkan BBLitvet, Balitbangtan untuk dapat digunakan atau dihilirasikan dalam rangka meningkatkan kesehatan hewan di Kabupaten Magelang.
 
Bimtek dihadiri oleh pejabat terkait, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magelang (Joni Indarto AP, MSi) beserta jajarannya, Kapolsek Mungkid, Danramil Mungkid, Koordinator KSPHP BBLitvet (Dr drh Andriani, MSi), Subkoordinator Kerjasama BBLitvet, drh Dyah Ayu Hewajuli, MSi serta diikuti oleh 100 peserta dari peternak unggas, domba dan kambing, medik veteriner, petugas penyuluh peternakan, serta petugas inseminator di Kabupaten Magelang.
 
Bimtek dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan 5M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, membatasi mobilitas) penanganan Covid 19 sesuai kebijakan pemerintah. Bimtek di bagi menjadi 2 sesi untuk menghindari kerumunan peserta dalam jumlah banyak dalam waktu yang lama.
 
Bimtek menghadirkan narasumber drh Ciptadi Arif Wicaksono dan drh Zaki Aminullah memberikan pengarahan terkait "Aspek Kesehatan Hewan dalam Budidaya Ternak Domba atau Kambing". Materi selanjutnya terkait "Aspek Kesehatan dan Vaksinasi Itik" disampaikan oleh drh Suraida didampingi drh Dyah Ayu Hewajuli, MSi.
Setelah pemaparan materi, peserta mengikuti sesi diskusi interaktif dengan narasumber sehingga diharapkan dengan adanya sesi diskusi ini dapat semakin memperkaya wawasan kesehatan hewan bagi peternak dan dapat membantu mengatasi masalah kesehatan hewan yang dihadapi peternak di Kabupaten Magelang