JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

KEGIATAN MAGANG LABORATORIUM DI BBLITVET

Pin It

BBLITVET – BALITBANGTAN Petugas Laboratorium Balai Besar Veteriner Wates melaksanakan magang di Balai Besar Penelitian Veteriner di mulai dari 29 – 30 Maret 2022 di Laboratorium Parasitologi dengan di bimbing oleh drh. Didik Tulus Subekti., M.Kes.

Menurut UU No. 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan, Magang diartikan sebagai bagian dari sistem pelatihan kerja yang diselenggarakan secara terpadu antara pelatihan di lembaga pelatihan dengan bekerja secara langsung di perusahaan, dalam rangka menguasai keterampilan atau keahlian tertentu.

Dalam hal ini, kegiatan magang di hari pertama dimulai dengan melakukan Purifikasi Toksoplasma. Sampel pengujian yang digunakan adalah daging kambing dengan berat masing-masing 30 gram. Daging terlebih dahulu dilakukan pencacahan dan dihaluskan kemudian didigesti menggunakan Tripsin sesuai dengan protokol yang telah ditetapkan untuk dapat mengisolasi bradizoit yang ada di dalam kista.

Kegiatan di hari kedua adalah running PCR menggunakan sampel yang telah dilakukan purifikasi untuk selanjutnya dilakukan elektroforesis. Dari hasil pengujian didapatkan bahwa semua sampel negatif.

Dengan hal ini, kegiatan magang diharapkan mampu meningkatkan kompetensi Petugas Laboratorium BBVet Wates untuk jenis pengujian PCR Tuberculosis dan PCR Toxoplasma.