JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

BBlitvet dalam Kegiatan Sarasehan Petani Milenial 2022

Pin It

BBLITVET – BALITBANGTAN, Sebagai salah satu bentuk pemberdayaan petani milenial, Kementerian Pertanian menyelenggarakan kegiatan Sarasehan Petani Milenial yang dilaksanakan mulai hari Minggu 28 Agustus sampai dengan tanggal 30 Agustus 2022 di Bumi Perkemahan Ragunan dengan ragam kegiatan yaitu forum diskusi, pameran produk pertanian, gelar teknologi, business matching dan perkemahan yang diikuti oleh 660 peserta, terdiri dari 500 petani milenial, 130 petani kolotnial (poktan gapoktan), termasuk di dalamnya 30 orang P4S.

Acara Sarasehan Petani Milenial 2022 dibuka secara resmi oleh Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo pada Senin (29/8) sore. Dalam arahannya beliau mendorong petani milenial untuk tetap kreatif dan inovatif dalam menghadapi tantangan global yang mengancam ketahanan pangan nasional saat ini. "Kita berharap pertanian Indonesia jadi lebih baik karena selama ini terbukti menjadi bantalan ekonomi. Pertanianlah paling siap menghadapi tantangan-tantangan apapun hari ini, besok dan masa yang akan datang," katanya. Lebih lanjut kondisi dunia saat ini membutuhkan tangan-tangan kreatif anak muda dalam memperkuat ketahanan pangan nasional. "Dunia mengharapkan kita, dan pangan Indonesia harus menjadi sesuatu yang berarti. Karena itu, yang pertama mitigasi tantanganmu, kedua adaptasi, dan yang ketiga adalah hadapi tantangan ini secara bersama-sama," imbuh Syahrul.

Sementara itu, Kepala Badan Pusat Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi menjelaskan, kegiatan ini merupakan salah upaya Kementan resonansi regenerasi petani serta wirausaha muda di sektor pertanian dalam mendukung upaya penguatan ketahanan pangan nasional. Dijelaskan lebih lanjut bahwa tujuan dari kegiatan ini ialah untuk menyukseskan salah satu program utama Kementan yaitu TANIAKUR alias Petani Milenial Akses Kredit Usaha Rakyat, yang didukung Bank BRI, Mandiri, BNI, dan Bank BPD. Ia mengatakan, para petani milenial pun telah menyatakan komitmen untuk mendukung program-program utama Kementan, terutama dalam mengantisipasi krisis pangan global.

BBLitvet dalam koordinasi Balitbangtan berpartisipasi mengikuti pameran produk pertanian dengan menampilkan produk inovasi berupa Maket Vaksin Unggas, Maket Vaksin Sapi, Prototype Vaksin (Rhinovet, Etec&Vtec, Sevavet, Bivalen, ND-GTT), dan Leaflet (Vaksin HPAI&LPAI, Vaksin Rhinovet, Aplikasi AKUVet, Aplikasi TAKESI). Antusiasme pengunjung, terhadap teknologi unggulan BBLitvet cukup tinggi, beberapa pengunjung menanyakan terkait dengan produk dan layanan yang ada di BBlitvet dan beberapa diantaranya berharap untuk dapat mendapatkan kesempatan mengikuti kegiatan-kegiatan bimtek terkait kesehatan hewan dari BBLitvet.