JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
Pin It

Kerjasama dengan BEP (Biosecurity Engagement Program Manager Economic Section)

Dalam rangka mendukung program biosafety dan biorisk di lingkup BBLitvet, diperlukan adanya peningkatan kemampuan penelitian maupun penanggung jawab teknis laboratorium khususnya BSL-3 dalam pengelolaan resiko bahan biologi maupun racun.

Laboratory Biorisk Managemen Implementation Workshop  dilakukan pada tanggal 15-18 September 2014 merupakan bagian dari kerjasama antara BBLitvet dan BEP.  Nara sumber adalah Ms. Lynn Fondren, MS dan Mr. Glullio Mancini dari Sandia National Laboratories yang bermarkas di New Mexico.

Peserta workshop adalah para peneliti BBLitvet dan target utama dari pelaksanaan ini adalah adanya suatu strategic plan yang dapat meningkatkan manajemen resiko tersebut secara berkelanjutan di lingkup laboratorium di BBLitvet. Ruang lingkup standar sistem manajemen biorisk laboratorium adalah untuk menetapkan persyaratan yang diperlukan untuk mengendalikan resiko yang terkait dengan penanganan atau penyimpanan dan pembuangan agen biologi dan racun di laboratorium dan fasilitasnya.


Tujuan Workshop antara lain :

1. Memperkenalkan model penilaian, migrasi, kinerja manajemen biorisiko.

2. Menganalisa sistem biorisk di BBLitvet yang ada sekarang berdasarkan CWA 15793:2011.

3. Mengidentifikasi prioritas awal Manajemen biorisiko untuk instusional.

4. Membangun strategi selangkah demi selangkah untuk mengadopsi sebuah sistem manajemen  biorisiko berdasar CWA 15793:2011 menginisiasi perencanaan untuk implementasi Sistem Management Biorisiko berdasarkan CWA 15793:2011.

5. Membahas, mengidentiifikasi sasaran , tujuan, peran dan tanggung jawab.

Hasil yang diinginkan :

1. Pemahaman yang lebih lengkap tentang kekuatan dan kelemahan Management Biorisiko di BBLitvet

2. Konsep tentang strategi selangkah demi selangkah secara visual untuk mengadopsi sistem Manajemen biorisiko berdasarkan CWA 15793:2011.

3. Konsep tertulis rencana tindakan yang membahas tentang kesenjangan terpenting dalam manajemen Bioresiko berdasar pada CWA 15793:2011, yang meliputi sasaran, tujuan dan tanggung jawab.


Â