JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Penyakit Tetelo Masih Menjadi Ancaman Peternak

Pin It

Penyakit Tetelo  atau  disebut Newcastle Disease masih menjadi ancaman dan beban ekonomi para peternak karena mempengaruhi produksi  unggas  secara signifikan. Newcastle Disease Virus (NDV) yang disebabkan oleh Avian Paramyxovirus Famili Paramyxoviridae merupakan penyakit yang  sangat menular dengan angka kematian yang tinggi selain itu ayam sangat  rentan terhadap infeksi NDV . Penyakit NDV bersifat akut pada unggas serta menular secara cepat dan menimbulkan gangguan pernapasan yang sering diikuti oleh gangguan syaraf seperti diare.

Kejadian penyakit NDV  kerap kali dianggap  sebagai  salah satu penyakit  yang  penting di  bidang perunggasan. Kejadian wabah penyakit NDV sering kali terjadi pada kelompok ayam yang tidak memiliki kekebalan dan kelompok yang memiliki kekebalan rendah akibat terlambat divaksinasi atau kegagalan  program vaksinasi. Kerugian-kerugian yang dapat ditimbulkan dapat berupa  kematian ayam,  penurunan produksi telur pada ayam petelur,  gangguan pertumbuhan  dan penurunan bobot badan ayam pedaging. Kerugian akibat penyakit NDV disebabkan angka morbiditas dan mortalitas pada  ternak  unggas sangat  tinggi  yang dapat mencapai 50-100%

Berdasarkan data Global Protection Service-Disease Surveillance (GPS-DS) dari tahun 2018 hinggas 2021, NDV merupakan penyakit utama yang  sering ditemukan pada  ayam petelur, dari sisi vaksinasi terdapat 3 masalah utama yaitu interferensi kekebalan asal induk terhadap kerja vaksinasi konvensional, kualitas aplikasi vaksinasi dan adanya reaksi pasca vaksinasi. Penyakit NDV bisa menyerang baik dengan  system pemeliharaan close  house ataupun  Open House jika  tidak  memiliki imunitas  yang baik  dan didukung oleh manajemen praktik serta biosekuritas yang baik,  hal ini dapat  terjadi karena dari beberapa  studi  jurnal bahwa penyakit NDV dapat  terbawa oleh  kendaraan, pakaian, peralatan, vector,  maupun karyawan  yang  terkontaminasi.

Sumber :  Balai Besar Penelitian Veterner, Manual Penyakit Unggas dan  Poultry  Indonesia