JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Mengapa Produksi Susu Menurun Pada Kambing Perah?

Pin It

Kambing Peranakan Ettawa (PE) merupakan salah satu jenis kambing penghasil susu. Susu kambing memiliki kandungan protein yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan susu sapi, selain itu susu kambing memiliki butir lemak yang lebih kecil dan proporsi asam lemak rantai pendek dalam jumlah yang relative tinggi sehingga susu kambing mudah dicerna.

Salah satu penyakit yang sering dijumpai pada budidaya kambing PE adalah mastitis. Mastitis adalah penyakit yang menyerang kelenjar susu ternak yang ditandai dengan pembengkaan dan kesakitan pada ambing susu. Kerugian yang ditimbulkan akibat mastitis meliputi penurunan produksi susu sekitar 10-25%, kematian anak kambing karena tidak mendapatkan kolostrum, peningkatan biaya pengobatan yang cukup mahal, meningkatkan jumlah hewan yang diafkir serta susu yang tidak dapat dipasarkan karena kualitasnya buruk.

Pengobatan yang dapat dilakukan adalah dengan pemberian antibiotika melalui kambing dan disuntikkan secara intramuscular serta diberikan tambahan multivitamin. Manajemen pemeliharaan yang baik dapat menurunkan kasus mastitis, diantaranya penggunaan antiseptik untuk pencelupan puting sebelum dan sesudah pemerahan, menjaga kebersihan kandang, mesin pemerah, operator serta vaksinasi.