JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Kerjasama Dalam Negeri TA 2014

No.

Judul

Kegiatan

Mitra

Perkembangan

1.

Kerjasama lisensi Vaksin IBR isolat lapang

PUSVETMA

Kerjasama dengan Pusat Veteriner Farma (PUSVETMA) dalam bentuk alih teknologi inovasi dan penyebaran teknologi. Kegiatan kerjasama dalam bentuk lisensi Formula Vaksin IBR Inaktif Isolat Lokal yang telah didaftarkan Paten pada Direktorat Jenderal Hak dan Kekayaan Inteletual dan telah mendapatkan nomor registrasi P 00201402334 pada 22 April 2014. Perjanjian kerjasama telah ditandatangai oleh Kepala Badan Litbang Pertanian. Dalam kegiatan kerjasama ini BB Litvet akan memberikan seed vaksin IBR dengan melakukan pendampingan transfer teknologi dengan pihak PUSVETMA sehingga vaksin dapat diproduksi dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat peternak.

 

2.

Peningkatan Kapasitas  Laboratorium Trypanosoma

BVet Banjarbaru,  Direktorat Jenderal Peternakan

Kerjasama dengan BVet Banjarbaru,  Direktorat Jenderal Peternakan. Kegiatan kerjasama dilakukan  berupa transfer teknologi atau peningkatan kapasitas laboratorium Trypanosoma.  Kegiatan yang dilaksanakan antara lain :  inhouse training dasar-dasar teknik kriopreservasi (refresh dan evaluasi) dan pembuatan antigen surra serta kuantifikasinya,   Refresh teknik ELISA Surra dan modelling Checkerboard ELISA, pelatihan bersama dan diseminasi  Prosedur Pengujian Sensitivitas Trypanosidal.

 

3.

Peningkatan Kapasitas  Laboratorium Toxoplasma

Balai Veteriner Lampung

Kegiatan kerjasama ini diawali dengan adanya In house training yang diselenggarakan di Bandar Lampung 18 Maret 2014 yang diikuti dengan penandatangan Material Transfer Agreement (MTA) oleh Direktur Kesehatan Hewan

 

4.

In house training

BVet Bukittinggi

Inhouse training yang pertama adalah pelatihan kriopreservasi dan pembuatan antigen Surra untuk ELISA di Laboratorium Parasitologi BVet Bukittinggi.  Inhouse training kedua adalah Evaluasi dan Dasar-dasar Teknik dan Metode Pengembangan kit ELISA.  Pelatihan tersebut diajukan dan dilakukan di laboratorium virologi BVet Bukittinggi. Selanjutnya Bvet Bukit Tinggi mengusulan kerjasama untuk pembuatan kits Elisa rabbies.

 

5.

Uji lapang Kit SERELISA Rabies Ab Mono Indirect untuk deteksi antibodi rabies dalam serum hewan

PT. Pfizer

Penelitian yang dilakukan yaitu pengujian kit ELISA yang dimiliki oleh Perusahaan untuk mendeteksi penyakit Rabies. Kegiatan penelitian ini dimulai  pada tanggal 15 Me1 2013 dan selama 120 hari kerja sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati oleh BB Litvet dan PT. Pfizer. Pada akhir tahun 2013 penelitian belum selesai karena adanya keterlambatan penyediaan bahan uji yaitu kit  SERELISA Rabies Ab Mono Indirect, sehingga perjanjian kerjasama  diadendum sampai tahun 2014.